Materi: PANCASILA SEBAGAI DASAR PEMBANGUNAN INDONESIA EMAS


 Pemateri:  Mukari, M.Si

Badan pusat statistik menyebutkan menggali kembali makna nilai-nilai dari Pancasila sebagai pondasi dan serangan awal untuk meraih radikalisme dan menuju Indonesia emas 2045.

 selain itu, pendalaman karakter manusia Indonesia yang berdasarkan pada nilai-nilai Pancasila akan menjadi tameng yang cukup kuat untuk menangkal pemahaman radikalisme. sila-sila demi sila menunjukkan sistem etika dalam pembangunan iptek.

Pancasila dan pembangunan:

Pada hakikatnya Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional mengandung arti bahwa segala aspek pembangunan harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila.

pembangunan nasional adalah untuk manusia Indonesia secara kodratnya memiliki kedudukan sebagai makhluk individu dan makhluk sosial.

Manusia tidak hanya mengejar kepentingan pribadi tetapi juga memperhatikan kepentingan masyarakat manusia tidak hanya mengetahui tercapainya kebutuhan material tetapi juga kebahagiaan spiritual.

peran NU dalam membangun moralitas bangsa menuju Indonesia emas

Nasionalisme kemanusiaan yang dikembangkan oleh NU ialah paham kebangsaan yang memberikan pengakuan kepada seluruh elemen bangsa. Nasionalisme kemanusiaan diwujudkan melalui kegiatan dakwah dan pendidikan untuk menghasilkan sumber daya manusia yang unggul. 

Lihat blog teman saya:https://ginshanaila.blogspot.com/2023/09/materi-5-pancasila-sebagai-dasar.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ramadhan karem

Alasan mengapa saya memilih prodi D3 keprawatan